Kapilaritas

Kapilaritas disebabkan oleh interaksi molekul-molekul di dalam zat cair.  contoh kapilaritas dalam kehidupan sehari-hari misalnya pada kompor minyak. Kompor minyak terdiri dari wadah yang berisi bahan bakar (biasanya minyak tanah) dan sumbu. Sebagian sumbu dicelupkan dalam wadah yang berisi minyak tanah, sedangkan sebagian lagi dibungkus dalam pipa kecil. Pada ujung atas pipa tersebut, disisakan sebagian sumbu. Jika kita ingin menggunakan kompor  minyak, maka sumbu yang terletak di ujung atas tersebut harus dibakar. Sumbu tersebut bisa menyala dalam waktu yang lama karena minyak tanah yang berada dalam wadah merembes ke atas, hingga mencapai ujung sumbu yang terbakar.

minyak dapat naik akibat gaya kapilaritas

minyak dapat naik akibat gaya kapilaritas

Di dalam zat cair molekul-molekulnya juga dapat mengalami gaya adhesi dan kohesi. Gaya kohesi adalah tarik-menarik antara molekul-molekul di dalam suatu zat cair sedangkan gaya adhesi adalah tarik menarik antara molekul dengan molekul lain yang tidak sejenis, yaitu bahan wadah di mana zat cair berada. Apabila adhesi lebih besar dari kohesi seperti pada air dengan permukaan gelas, air akan berinteraksi kuat dengan permukaan gelas sehingga air membasahi kaca dan juga permukaan atas cairan akan melengkung (cekung). Keadaan ini dapat menyebabkan cairan dapat naik ke atas oleh tegangan permukaan yang arahnya keatas sampai batas keseimbangan gaya ke atas dengan gaya berat cairan tercapai.

4 responses to this post.

  1. Posted by sarwo s on November 2, 2010 at 8:17 am

    berduka cita yang sedalam-dalamnya atas musibah yang terjadi di Indonesia diantaranya banjir Wasior, gunung meletus di jawa Tengah dan Anak krakatau, tsunami di Mentawai

    Balas

  2. Posted by wisnu on Februari 21, 2011 at 9:58 pm

    sudah bagus koq karyanya!!!!!!
    lebih kreaatif lagi……………..

    Balas

  3. Posted by Iema on November 20, 2011 at 4:58 pm

    Kurang

    Balas

  4. Posted by buncit.com on November 23, 2011 at 8:32 pm

    banyakin lg dong contohnya

    Balas

Tinggalkan komentar